Kegiatan ekstrakurikuler  wajib di sekolah yaitu pramuka. Keberadaan pramuka sangat penting karena setidaknya bisa memberikan hal yang positif bagi setiap anggota pramuka. Melalui pramuka setiap pribadi diajarkan untuk memahami dasa darma sebagai janji dan kehormatan mereka.

Dasa darma dalam pramuka tidak hanya menjadi pondasi kode kehormatan bagi pembelajaran kompetensi dan akhlak saja namun lebih dari itu dengan memahami dasa darma pramuka bisa diterapkan di sekolah maupun lingkungan masyarakat. Dengan dasa darma setiap anggota pramuka diharapkan bisa melakukan sepuluh tindakan terpuji atau mulia yang sudah diberikan dan menjadi pedoman masing-masing anggota pramuka.

Menilik isi dasa darma pramuka, sepuluh dasar kehormatan ini mencakup seluruh aspek yang bisa dilakukan dalam kehidupan seorang anggota pramuka. Hubungan antara manusia dengan Tuhannya dibahas pada butir pertama. Dilanjutkan dengan sikap mencintai alam dan kasih sayang kepada manusia. Menjadi patriot yang sopan dan ksatria, patuh dan suka bermusayawarah. Tidak lupa rela menolong tanpa balas budi dan selalu tabah ditambah dengan rajin, terampil dan gembira. Digambarkan pula tentang pola hidup hemat, cermat dan bersahaja. Ditambah butir berikutnya selalu disiplin, berani dan setia. Hal bertanggung jawab dan dapat dipercaya menjadi titik berat di dasa darma ditambah dengan suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Untuk mengaplikasikan dalam wujud yang nyata, tugas merubah pribadi yang belum baik bisa dilakukan dengan dasa darma ini. Butuh waktu untuk merubah tatanan kepribadian yang sudah terbentuk. Jika hal ini bisa dilakukan semua, setiap anggoat pramuka menjadi sosok yang diharapkan menjadi pemuda Pancasila. Melalui pendidikan ekstrakurikuler setiap anggota pramuka akan berubah menjadi lebih baik dan bisa menerapkannya dalam kehiduan sehari-hari.