Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal tali temali dengan tongkat, seluruh siswa kelas tujuh dan delapan melakukan pelatihan singkat kaki tiga. Pelatihan ini merupakan lanjutan latihan mulai baris berbaris dengan memakai tongkat. Kegiatan dilaksanakan dengan memakai tiga tongkat dasar sebagai penegak dan dua tongkat sebagai penguat tiang.

Sebelum acara dimulai kakak Setya memberikan contoh cara memasang kaki tiga dengan ikatan yang benar. Setelah penjelasan dipahami, seluruh siswa dalam kelompok masing-masing mencoba untuk membuat kaki tiga . Selama proses inilah terlihat kerjasama tiap kelompok yang ikut serta membangun kaki tiga. Awalnya terasa sulit bagaimana cara membuat simpul di tiap tongkat. Akhirnya setelah memahami barulah bisa dilakukan.

Kakak pembina langsung mengecek hasil pekerjaan tiap kelompok. Ada beberapa kriteria penilaian yang harus diketahui tiap kelompok yaitu kerapian, kekuatan dan kecepatan. Dari ketiga hal tersebut hampir tiap kelompok masih mengalami beberapa kendala dan langsung diadakan perubahan dengan memulai dari awal . Memang disadari untuk pelatihan kaki tiga masih belum bagus dan butuh beberapa kali untuk menyempurnakan. Pembina pramuka kak Setya menegaskan akan latihan lagi agar hasilnya bisa lebih baik.