Pada pertemuan yang lalu, kita sudah belajar mengenai larutan elektrolit dan nonelektrolit. Selanjutnya akan membahas materi baru mengenai reaksi redoks (reduksi-oksidasi).Kalian pasti pernah melihat besi berkarat bukan?. Jika sepotong besi diletakkan di udara terbuka, ternyata lama-kelamaan logam besi tersebut berkarat. Mengapa logam besi dapat berkarat dan reaksi apa yang terjadi pada logam besi tersebut? Peristiwa perkaratan besi merupakan salah satu contoh dari reaksi redoks. Lalu apa yang dimaksud dengan reaksi redoks?
Pengertian konsep redoks mengalami tiga tahap perkembangan yaitu berdasarkan pengikatan dan pelepasan oksigen, berdasarkan pengikatan dan pelepasan elektron, serta berdasarkan kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Bilangan oksidasi itu sendiri adalah bilangan yang menunjukkan ukuran kemampuan suatu atom untuk melepas atau menangkap elektron dalam pembentukan suatu senyawa. 
Jika suatu reaksi kimia mengalami reaksi reduksi dan oksidasi sekaligus dalam satu reaksi, maka reaksi tersebut disebut reaksi redoks (reduksi-oksidasi). Untuk memahami materi lebih lanjut silahkan KLIK LINK MATERI di bawah ini.

LINK MATERI: https://drive.google.com/file/d/1VcZL5bQQhQWT9IlmXDOz5GZ_643uHsqx/view?usp=sharing