Assalamu'alaikum anak anak, hari ini kita melanjutkan pelajaran prakarya ya, minggu lalu ustadzah sudah menjelaskan sebagian tentang budidaya tanaman sayuran secara garis besar, sekarang kita lanjutkan ke sayuran tahunan. Di bab ini tujuan kita mempelajarinya adalah....

1. memahami komoditas tanaman sayuran yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan wilayah setempat

2. memahami yahapan budidaya tanaman sayuran

3. mempraktikan tahapan budidaya tanaman sayuran

KOMODITAS TANAMAN SAYURAN 

Komoditas adalah suatu benda nyata yang relatif mudah di perdagangkan., dapat diseahkan secara fisik, dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu, dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dari jenis yang sama. Produk ini biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Sayuran merupakan bahan pangan asal tumbuhan kadar air dan serat tinggi, serta banyak mengandung vitamin dan mineralyang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran merupakan tanaman holtikultura yang dibudidayakan secara intensif. Budidaya merupakan upaya untuk usaha menambah, menumbuhkan dan mewujudkan benda ataupun makhluk hidup agar bisa berkembang biak lebih banyak. Komoditas tanaman holtikultura dapat dikelompokkan sebagai berikut : 

1. Kelompok komoditas A sayuran, tanaman sayuran dikelompokkan menjadi tanaman sayuran semusim dan sayuran tahunan.

a. sayuran semusim : sayuran semusim adalah tanaman sumber vitamin, mineral, dll yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun, buah,            buga dan umbinya.           yang berukur kurang dari 1 tahun. Komoditi sayuran semusim antara lain ; bawang merah, bawang putih, bawang daun, kol,        kentang, kacang merah, kacang panjang,              cabai rawit, cabai besar, tomat, ketimu, terong, labu, kangkung dan bayam.

b. sayuran tahunan : sayuran tahunan adalah tanaman sumber vitamin, mineral, dan lain lain yang dikonsumsi dari bagian tanaman berupa daun dan            atau    buah, berumur            lebih dari satu tahun, serta berbentuk pohon. Komoditi sayuran tahunan, antara lain melinjo, petai dan jengkol, untuk lebih       jelasnya 

Anak - anak  Sayuran semusim salah satu contohnya adalah tomat. Banyak sekali manfaat dari tanaman tomat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu kandungan yang ada di dalam tomat adalah vitamin C, jadi sangat bagus untuk imunitas tubuh. Kali ini Ustadzah ingin mengajak kalian untuk mengolah tanaman tomat menjadi makanan yang mempunyai daya jual tinggi, apa itu? silahkan diperhatikan video dibaha ini !

LEMBAR KERJA SISWA : https://forms.gle/Vt5qBMhVweX5eZbH7

Dikerjakan ya anak anak !