Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Anak-anak berjumpa kembali dengan mata pelajaran PKWU setelah kalian melaksanakan Penilaian Tengah Semester Ganjil, pada pertemuan kali ini kita akan membahas bab baru terkait budidaya yaitu Perencanaan Usaha Budidaya Ikan Hias.
Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam beberapa tahun terakhir produksi ikan hias nasional terus mengalami peningkatan dari 1,22 miliar ekor pada tahun 2018 hingga menjadi 1,28 miliar ekor pada tahun 2019. Selain itu, selama 2012-2019 ekspor ikan hias juga mengalami peningkatan. Negara-negara tujuan ekspor ikan hias Indonesia antara lain China, amerika, Jepang, Inggris, Singapura, Korea, dan Australia.
Pada era pandemi saat ini, budidaya ikan hias menjadi andalan ekonomi sektor kelautan dan perikanan karena berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat. Budidaya ikan hias dapat menjadi komoditas unggulan karena memiliki beberapa keunggulan antara lain, tidak memerlukan lahan yang luas dan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan ikan konsumsi. Oleh karena itu, budidaya ikan hias dapat menjadi peluang usaha baru.

Dalam memulai sebuah usaha diperlukan sebuah perencanaan usaha yang matang, karena perencanaan merupakan pedoman atau acuan dasar dalam melaksanakan suatu usaha agar berjalan dengan lancar. Untuk memahami materi lebih lanjut silahkan klik LINK MATERI berikut ini.

LINK MATERI: https://drive.google.com/file/d/1Wv5vvEwWKTQHqXKG8f25g9nFUXZ1DKhF/view?usp=sharing

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh