Berpuasa merupakan ibadah yang luar biasa bagi manusia, apalagi di bulan Ramadan. Melalui puasa segala hal yang tidak baik akan menjadi lebih baik. Puasa tidak hanya mengajak kebaikan saja namun lebih dari itu bisa membuat seseorang terbebas dari hal-hal yang buruk . seperti yang pernah Rasulullah sabdakan :

-‏الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلا يَرْفُثْ وَلا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ ـ مَرَّتَيْنِ

“Puasa itu adalah perisai, maka janganlah (seseorang yang sedang berpuasa) mengucapkan ucapan yang kotor, dan janganlah bertindak bodoh, dan jika ada orang yang sewenang-wenang merebut haknya atau mencelanya, maka katakan, ‘Saya sedang puasa’ -dua kali-” (HR. Al-Bukhari).

Puasa adalah sebuah syari’at yang dimaksudkan agar orang/seseorang yang sedang berpuasa menahan diri dari menuruti hawa nafsu, agar menjadi perisai/pelindung bagi dirinya dari api neraka di akhirat kelak karena neraka memang diliputi oleh hawa nafsu.

Untuk meraih maksud puasa yang hakiki inilah, kita diperintahkan untuk menahan diri dari semua perkara yang dilarang oleh Allah Ta’ala, di antaranya adalah menahan diri dari mengucapkan ucapan yang kotor dan bertindak bodoh, serta tidak meladeni orang yang memancing emosi kita, dikarenakan hal itu bisa menodai puasa kita.

Itulah hakikat puasa yang sesungguhnya, ia bukanlah sekedar menahan diri dari makan dan minum semata. Semoga dengan berpuasa bisa menjadikan seseorang lebih baik tidak hanya selama bulan Ramadan namun bisa di luar Ramadan.