Surabaya - Bulan suci ramadhan selalu dinanti-nantikan oleh umat muslim di dunia karena bulan ramadhan ini memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui berbagai macam keutamaan dan keistimewaan bulan ini untuk pedoman dalam beribadah agar tidak sia-sia, salah satunya dapat menghapus dosa dari ramadhan ke ramadhan berikutnya, pintu surga terbuka lebar-lebar untuk mereka yang beribadah dengan sungguh-sungguh, amalan dilipat gandakan. Serta banyak hal lagi.

Selain itu, bulan ramadhan juga memiliki banyak keberkahan karena kita bisa menjalani ibadah puasa tanpa gangguan setan dan jin yang terkutuk. Selama ramadhan, mereka dibelenggu dan terikat di neraka tertutup, sedangkan pintu surga dibuka lebar-lebar.

Maka itulah hendaknya umat muslim, mengerjakan apapun hal-hal kebaikan, meningkatkan iman serta taqwa agar segala keberkahan dapat di peroleh hingga hari kemenangan. Perintah berpuasa sudah sangat jelas tertulis pada Al-Quran surat Al – Baqarah ayat 183, yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ” QS. AL – BAQARAH : 183

Mengutip dari ayat surat Al – Baqarah tersebut, seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia ini yang telah baligh, yang berakal sehat, yang dalam keadaan sehat dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh) di perintahkan untuk mengerjakan Puasa yang hukumnya Wajib di bulan Ramadhan oleh Allah SWT.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183 ini, Allah SWT berfirman, untuk memerintahkan umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan selama satu bulan penuh. Sebab, ibadah puasa bisa menambahkan ketakwaan kepada Allah SWT, membersihkan jiwa, menyucikannya serta membebaskannya dari segala sesuatu yang buruk dan akhlak yang tidak terpuji. (ica)