LAPORAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARING

KEGIATAN BEKERJA DARI RUMAH (WORK FROM HOME)

  1. Pendahuluan

Salah satu kewajiban guru selama melaksanakan tugas dinas di rumah/tempat tinggal adalah menyusun Laporan Pembelajaran Jarak Jauh.

Pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang dilakukan guru ini untuk memberikan akses pembelajaran yang tidak terbatas ruang dan waktu kepada peserta didik selama diberlakukannya masa darurat Covid-19.

Penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).

Pembelajaran jarak jauh tersebut dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran tanpa batasan waktu dan tempat.

Kegiatan pembelajaran secara daring ini akan mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan mempermudah dalam penyebaran materi kepada peserta didik.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan mencakup kegiatan penyampaian materi, penugasan, dan evaluasi.

 

  1. Tujuan

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam sistem daring ini bertujuan sebagai berikut.

    1. Memberikan wadah bagi peserta didik kelas DI SMAS SHAFTA untuk dapat mempertajam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari..
    2. Memudahkan peserta didik DI  SMAS MAHASHAFTA dalam mengakses materi dan tugas daring tanpa terbatas ruang dan waktu.
    3. Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan untuk tujuan pengayaan dengan menggunakan artikel terkait materi yang diajarkan.
    4. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terjadap materi yang diajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.

 

  1. Sasaran

Pembelajaran Jarak Jauh ini diterapkan pada semester dua tahun pelajaran 2020 / 2021. Sasaran pengguna pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah peserta didik DI SMAS SHAFTA Jumlah target peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah semua jenjang  siswa.

 

  1. Ruang Lingkup

Ruang lingkup pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini mencakup beberapa tahapan, sebagai berikut:

    1. Perencanaan

Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, meliputi pengembangan materi/bahan ajar dan penyusunan kuis.

    1. Pelaksanaan Pembelajaran Guru membagikan materi/bahan ajar dan tugas (kuis) melalui aplikasi pembelajaran kepada peserta didik  di SMA SHAFTA dengan target semua jenjang Kelas .

 

 

    1. Penilaian (Evaluasi)

Guru menginput nilai tugas (kuis) dari hasil pekerjaan peserta didik yang dikirimkan melalui google classroom.

 

  1. Materi Ajar

Materi ajar yang diberikan adalah :

    1. ...........................
    2. ............................

 

  1. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang diterapkan untuk menyampaikan materi ajar tersebut di atas adalah penyediaan materi yang dapat diakses oleh peserta didik melalui google classroom.

Peserta didik juga mendapatkan tugas untuk mengerjakan kuis secara mandiri terkait materi dengan menggunakan google classroom.

 

  1. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah google classroom, Youtobe (video pembelajaran, tugas, absensi dan materi).

 

  1. Evaluasi Pembelajaran

Tahap akhir dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring ini adalah penilaian hasil belajar. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk kuis menggunakan office 365, Google Form yang disharekan ke google classroom. Soal berbentuk pilihan ganda yang secara langsung dapat memberikan nilai atas hasil jawaban peserta didik.

 

  1. Penutup

Demikian Laporan Pembelajaran Jarak Jauh dengan Sistem Daring kami susun. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban tertulis kepada Kepala Sekolah atas pelaksanaan tugas dinas di rumah/tempat tinggal.

 

Mengetahui,                                                                                       Surabaya, , ........ ,................, 2021

Kepala SMA SHAFTA                                                                           Guru Mapel Matematika

 

 

 

 

Drs. H Abdul Chalim , M.M                                                                                       Wardoyo S.Pd

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMAS MAHA BODHI

Mata Pelajaran         : TIK Kelas /Semester                 : XII / 1

Tahun Pelajaran       : 2020/2021

Materi Pokok           : APLIKASI MOBILE BERBASI KONDULAR

Alokasi Waktu        : 2 x 45 Menit ( 1 Pertemuan)

 

1. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning peserta didik mampu: menjelaskan, menganalisi APLIKASI MOBILE BERBASI KONDULAR. dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin, bersikap jujur, santun, percaya diri, pantang menyerah, memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

 

      1. Langkah-Langkah Pembelajaran
        1. Media dan Sumber Belajar

· Media : Video pembelajaran, google classroom, office 365

· Sumber Belajar : SMA K2013 TIK dan Informatika

 

Cetakan I. Jakarta: Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2008186 hlm., 21 x 29,7 cmISBN 979-630-062-4.

        1. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

  1. Guru melalui google classroom mengabsen siswa dan mengirimkan foto absensi siswa selama 15 menit.
  2. Guru melalui google classroom memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuka dan menyimak video pembelajaran APLIKASI MOBILE BERBASI KONDULAR
  3. Guru melalui Google classroom memberikan tugas yang sudah tertera di dalam video pembelajaran.
  4. Peserta didik mengerjakan Soal Evaluasi secara individu dan mengupload hasilnya di:

Google Classrom

  1. Guru menyampaiakan hasil pekerjaan peserta didik melalui google classroom.

 

Pertemuan 2

  1. Guru melalui google classroom mengabsen siswa dan mengirimkan foto absensi siswa selama 15 menit.
  2. Guru melalui google classroom memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengingat kembali materi sebelumnya.
  3. Guru melalui Google classroom memberikan satu soal persamaan nilai multak dikerjakan dalam waktu 30 menit.
  4. Peserta didik mengerjakan Soal Evaluasi secara individu dan mengupload hasilnya di:

Google Classrom

  1. Guru menyampaiakan hasil pekerjaan peserta didik melalui google classroom.

 

 

 

Pertemuan 3

  1. Guru melalui google classroom mengabsen siswa dan mengirimkan foto absensi siswa selama 15 menit.
  2. Guru melalui google classroom memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuka dan menyimak video pembelajaran APLIKASI MOBILE BERBASI KONDULAR
  3. Guru melalui Google classroom memberikan tugas yang sudah tertera di dalam video pembelajaran
  4. Peserta didik mengerjakan Soal Evaluasi secara individu dan mengupload hasilnya di:

Google Classrom

  1. Guru menyampaiakan hasil pekerjaan peserta didik melalui google classroom.

 

Pertemuan 4

  1. Guru melalui google classroom mengabsen siswa dan mengirimkan foto absensi siswa selama 15 menit.
  2. Guru melalui google classroom memberikan tugas kepada peserta didik untuk memfoto catatan materi Pengunaan APLIKASI MOBILE BERBASI KONDULAR
  3. Guru melalui google classro diskusi materi atau soal-soal yang belum dipahami.
  4. Guru memberitahukan pertemuan selanjutnya adalah Penilaian Harian.
  5. Guru menyampaiakan hasil pekerjaan peserta didik melalui google classroom.

 

Pertemuan 5

  1. Guru melalui google classroom mengabsen siswa dan mengirimkan foto absensi siswa selama 15 menit.
  2. Guru mempersiapkan siswa untuk penilaian harian
  3. Guru membagikan link penilaian harian melalui google classroom :
  4. Guru menyampaiakan hasil pekerjaan peserta didik melalui google classroom.

 

 

 

 

3. Penilaian tugas di google classroom, kehadiran dan displin.

 

 

Mengetahui,                                                                                        Surabaya, ......., .............2021

Kepala SMA SHAFTA                                                                       Guru Mapel

 

 

 

Drs. H. Abdul Chalim, M.M                                                         Wardoyo, S.Pd