RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMA

Mata Pelajaran         :   B. INGGRIS

Kelas/Semester        :  XI  /  2

Alokasi Waktu          :  2 x 45 menit

KD                    : 3.7  dan  4.7

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Hubungan Sebab Akibat

         

 

KOMPETENSI DASAR

3.7      Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)

4.7      Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

IPK

  • Siswa dapat mengidentifikasi situasi yang memunculkan pernyataan sebab akibat dengan benar
  • Siswa dapat menyebutkan situasi yang memunculkan pernyataan sebab akibat dan menyebutkan pernyataan yang dimaksud dengan benar
  • Siswa dapat memahami struktur teks dalam memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat dengan benar
  • Siswa dapat memahami unsur kebahasaan dari sebuah teks dalam memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat dengan benar
  • Siswa dapat menulis teks pendek yang melibatkan pernuataan sebab akibat dan kemudian dibacakan ke kelas dengan benar

 

The Purpose of Cause and Effect in Writing

A cause is something that produces an event or condition; an effect is what results from an event or condition. The purpose of the cause-and-effect essay is to determine how various phenomena relate in terms of origins and results. Sometimes the connection between cause and effect is clear, but often determining the exact relationship between the two is very difficult.

The Structure of a Cause and Effect Essay

The cause-and-effect essay opens with a general introduction to the topic, which then leads to a thesis that states the main cause, main effect, or various causes and effects of a condition or event.

The cause-and-effect essay can be organized in one of the following two primary ways:

  • Start with the cause and then talk about the effects.
  • Start with the effect and then talk about the causes.

Power point for more explanation can be downloaded here:

https://drive.google.com/file/d/1ftK7f7La0hPIrXz5EwPDbZtpcn2Ar502/view?usp=sharing

Worksheet for speaking activity:

Picture based speaking activity for lower-intermediate up. Talk about cause and effect with these 16 examples

https://drive.google.com/file/d/1qH-8a_5f7XV6MDJfA9ZdMjZQnaswGJQ4/view?usp=sharing