Purwo Rahadityo, S.Si

Hai adik-adik kelas XII SMA, jumpa lagi pada pembelajaran kimia. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang salah satu senyawa turunan alkana yaitu Asam Karboksilat. Kedengarannya aneh ya, namun sebenarnya banyak sekali kita temukan dalam kehidupan kita. Seperti asam asetat yang lazim kita sebut cuka. Pasti tau khan cuka? hehehe. Kalo kita makan bakso, kadang kita beri cuka untuk menetralisir lemak yang masuk ke tubuh kita. Acar yang kita makan bersana dengan makan mie, nasi goreng, dll juga dibuat menggunakan cuka dicampur dengan timun. Nah, cuka atau asam asetat ini termasuk senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi asam karboksilat.

Asam karboksilat atau asam alkanoat (dalam IUPAC) merupakan salah satu senyawa turunan alkana dengan rumus molekul CnH2nO2 yang memiliki gugus karboksil (-COOH). Sesuai dengan namanya yang berawalan asam, maka semua senyawa yang termasuk golongan asam karboksilat bersifat asam. Sifat asam inilah yang membuat beberapa senyawa golongan asam karboksilat berasa masam seperti cuka.

Lalu, bagaimana sifat-sifat asam karboksilat yang lain? Bagaimana juga proses pembuatannya ? Lebih jelasnya silahkan simak link berikut :

https://blog.ruangguru.com/kimia-kelas-12-senyawa-asam-karboksilat

https://sumsel.antaranews.com/berita/449366/ahli-sebut-cuka-empek-empek-salah-satu-unsur-desinfektan-virus-corona