RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TILAWATI JILID IV

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membaca ayat-ayat pendek dan panjang dengan baik dan benar.
  2. Siswa dapat membedakan bacaan jelas dan dengung.
  3. Siswa menguasai setandar dengung dan standar panjang Mad Far'i.
  4. Siswa mengerti perubahan hukum bacaan.
  5. Siswa mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.

MATERI PEMBELAJARAN

  1. Membaca ayat-ayat pendek dan panjang.
  2. Mengerti setandar dengung dan standar panjang Mad Far'i.
  3. Mengetahui perubahan hukum bacaan.
  4. Menulis huruf dan angka Arab.

SUMBER DAN ALAT BELAJAR

  1. Tilawati jilid 4
  2. Alat peraga Tilawati jilid 4.
  3. Laptop
  4. HP

METODE PEMBELAJARAN

  • Klasikal Baca Simak.

ALOKASI WAKTU KBM

  • 15 menit materi penunjang (membaca doa dll).
  • 20 menit materi pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
  • 40 menit untuk baca simak.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Guru menyampaikan salam setelah siswa tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
  2. Guru membaca doa bersama-sama siswa.
  3. Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluruh siswa.
  4. Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel.
  5. Guru menanyakan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman siswa.
  6. Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
  7. Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
  8. Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
  9. Siswa membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah berikut harokatnya secara mandiri. Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.

PENILAIAN PELAJARAN

  1. Praktek membaca.
  2. Bentuk soal jawab.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HANDOUT KBQ

 

 

MATA PELAJARAN             :  KBQ

KELAS                                   :  VIII

JILID                                        : 4

Rounded Rectangle: MATA PELAJARAN             :  KBQ
KELAS                                   :  VIII
JILID                                        : 4

 

 

 

  1. Mengerti setandar dengung dan standar panjang Mad Far'i.

 

SETELAH MAD ADA ALIF YANG BERHAROKAT DI SUATU KATA YANG ALAIN, PANJANGNYA 5 HAROKAT

Rounded Rectangle: SETELAH MAD ADA ALIF YANG BERHAROKAT DI SUATU KATA YANG ALAIN, PANJANGNYA 5 HAROKAT

 

 

SETIAP MAD ADA HAMZAH DALAM SATU KALIMAT DIBACA 5 HAROKAT

Rounded Rectangle: SETIAP MAD ADA HAMZAH DALAM SATU KALIMAT DIBACA 5 HAROKAT

 

 

 

 

 

 

 

 
 
  1. Mengetahui perubahan hukum bacaan.

 

 

SETIAP NUN DAN MIM BERTASYDID HARUS DIBACA DENGUNG SELAMA 1 ½ ALIF

Rounded Rectangle: SETIAP NUN DAN MIM BERTASYDID HARUS DIBACA DENGUNG SELAMA 1 ½ ALIF

 

 

 

SETIAP HURUF YANG BERTASYDID JIKA DIDAHULUI ALIF LAM, MAKA ALIFNYA DIANGGAP TIDAK ADA JIKA BERHADAPAN DENGAN NUN HARUS DIBACA DENGUNG

Rounded Rectangle: SETIAP HURUF YANG BERTASYDID JIKA DIDAHULUI ALIF LAM, MAKA ALIFNYA DIANGGAP TIDAK ADA JIKA BERHADAPAN DENGAN NUN HARUS DIBACA DENGUNG

 

 

WAWU YANG TIDAK ADA SUKUNNYA DIANGGAP TIDAK ADA

Rounded Rectangle: WAWU YANG TIDAK ADA SUKUNNYA DIANGGAP TIDAK ADA

 

 

APABILA NUN SUKUN ATAU TANWIN BERHADAPAN DENGAN MIM MAKA SUARA NUN SUKUN ATAU TANWIN MASUK PADA HURUF MIM DAN HARUS DIBACA DENGUNG 1 ½ ALIF

Rounded Rectangle: APABILA NUN SUKUN ATAU TANWIN BERHADAPAN DENGAN MIM MAKA SUARA NUN SUKUN ATAU TANWIN MASUK PADA HURUF MIM DAN HARUS DIBACA DENGUNG 1 ½ ALIF

 

 

APABILA ADA NUN SUKUN ATAU TANWIN BERHADAPAN DENGAN NUN MAKA HARUS DIBACA DENGUNG SEPERTI DENGUNGNYA NUN TASYDID SELAMA 1 ½

Rounded Rectangle: APABILA ADA NUN SUKUN ATAU TANWIN BERHADAPAN DENGAN NUN MAKA HARUS DIBACA DENGUNG SEPERTI DENGUNGNYA NUN TASYDID SELAMA 1 ½