RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TILAWATI JILID III

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat membaca satu kalimat atau lebih dengan baik dan benar.
  2. Siswa dapat membedakan perubahan bacaan yang disebabkan perbedaan takanan pada tiap-tiap huruf yang disukun.
  3. Siswa sedikit banyak dapat membedakan masing-masing suara huruf dari aspek makhraj dan sifatnya, sehingga tidak terjadi Lahn Jali (kesalahan yang fatal).
  4. Siswa mengerti perubahan hukum bacaan dan dapat membedakan bacaan jelas dan dengung.
  5. Siswa mengerti dan hafal tiap-tiap materi pokok.

MATERI PEMBELAJARAN

  1. Membaca kalimat dan ayat-ayat pendek serta panjang.
  2. Mengerti tekanan pada makhraj huruf yang bersukun.
  3. Mengerti perbedaan suara huruf dari aspek makhraj dan sifat.
  4. Menulis huruf dan angka Arab.

SUMBER DAN ALAT BELAJAR

  1. Tilwati jilid 3
  2. Alat peraga Tilawati jilid 3.
  3. Laptop
  4. HP

METODE PEMBELAJARAN

  • Klasikal Baca Simak.

ALOKASI WAKTU KBM

  • 15 menit materi penunjang (membaca doa dll).
  • 20 menit materi pokok (untuk menjelaskan pokok pelajaran secara klasikal).
  • 40 menit untuk baca simak.

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Guru menyampaikan salam setelah siswa tenang dan dijawab dengan jawabussalam yang benar.
  2. Guru membaca doa bersama-sama siswa.
  3. Mendemontrasikan / membacakan pokok pelajaran, kemudian ditirukan seluruh siswa.
  4. Guru menyampaikan / menjelaskan pokok pelajaran, sebagai tujuan pembelajaran, dengan kata yang simpel (dalam kolom bawah).
  5. Guru menyampaikan pokok pelajaran untuk menguji kefahaman siswa.
  6. Guru membimbing hafalan pokok pelajaran.
  7. Guru memberi contoh membaca yang baik dan benar dari kanan ke kiri.
  8. Guru menyebutkan huruf-huruf hijaiyyah dan harokatnya.
  9. Siswa membaca serta menyebutkan huruf hijaiyyah serta harokatnya secara mandiri. Guru mendengarkan dan membenarkan bila terjadi kesalahan.

PENILAIAN PELAJARAN

  1. Praktek membaca.
  2. Bentuk soal jawab.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HANDOUT KBQ

 

 

MATA PELAJARAN             :  KBQ

KELAS                                   :  VIII

JILID                                        : 3

Rounded Rectangle: MATA PELAJARAN             :  KBQ
KELAS                                   :  VIII 
JILID                                        : 3

 

 

 

  1. YANG BERWARNA MERAH SUPAYA DITEKAN MEMBACANYA

    Rounded Rectangle: YANG BERWARNA MERAH SUPAYA DITEKAN MEMBACANYAMengerti tekanan pada makhraj huruf yang bersukun

 

YANG BERWARNA MERAH SUPAYA DITEKAN MEMBACANYA

 

 

 
  Rounded Rectangle: YANG BERWARNA MERAH SUPAYA DITEKAN MEMBACANYA

 

 

  1. RO’ BERSYAKAL FATHAH, DHOMMA, SUKUN SESUDAH FATHAH DAN DLOMMAH DIBACA TEBAL
  2. RO’ BERSYAKAL KASROH DAN SUKUN SESUDAH KASROH DIBACA TIPIS

Rounded Rectangle: 1.	RO’ BERSYAKAL FATHAH, DHOMMA, SUKUN SESUDAH FATHAH DAN DLOMMAH DIBACA TEBAL
2.	RO’ BERSYAKAL KASROH DAN SUKUN SESUDAH KASROH DIBACA TIPIS

 

 

  1. Mengerti perbedaan suara huruf dari aspek makhraj dan sifat

 

FATHAH DIIKUTI WAWU SUKUN BERSUARA AU DIBACA 1 ALIF

Rounded Rectangle: FATHAH DIIKUTI WAWU SUKUN BERSUARA AU DIBACA 1 ALIF

 

 

FATHAH DIIKUTI YA’ SUKUN BERSUARA AI DIBACA PENDEK

Rounded Rectangle: FATHAH DIIKUTI YA’ SUKUN BERSUARA AI DIBACA PENDEK