Di penghujung tahun 2020 khususnya di bulan November, ada peringatan yang luar biasa guru se-Indonesia yaitu peringatan Hari Guru Nasional. Tidak terasa para pejuang pendidikan mencurahkan waktu, pikiran dan tenaga demi memandaikan dan menyiapkan generasi muda. Perjuangan mereka sejak dulu hingga kini yang sering mengalami perubahan tidak menyurutkan semangat mendidik setiap guru. Apalagi di masa sulit masih tetap eksis walau bekerja di rumah.

Lebih hebatnya lagi mereka yang dikatakan sebagai guru di manapun berada, baik yang terjauh, tertinggal, maupun terluar tetap konsisten dengan tugas mulia. Memang dirasa perjuangan akan semakin berat jika tanpa semangat baja dari mereka. Setiap guru mampu menyiapkan dirinya di mana saja. Saat di rumah mereka akan menjadi sosok penting yang berbagi dengan keluarganya Saat mereka berjuang di sekolah mereka menjadi sosok luar biasa dengan terus berbagi tidak hanya ilmu namun sikap positif, budi pekerti dan sosok sederhana mereka sampaikan.

Kadang ucapan terima kasih tidak akan mampu mengganti setiap ilmu yang diberikan kepada mereka. Mereka hanya berharap apa yang sudah diperjuangkan hingga puluhan tahun dapat dinikmati generasi penerus dan negara Indonesia lebih baik di masa depan. Berkat guru, setiap siswa mempunyai kisah yang berbeda saat bersekolah namun tetap mempunyai kedekatan di hati di manapun berada. Saat mereka sukses mereka selalu akan tahu siapa dirinya dulu saat di sekolah, kadang bandel kadang rajin dan masih banyak kisah lain. Namun mereka tetap akan selalu mengenang perjuangan para guru dan bercerita tentang gurunya di depan anaknya.

Hanya ada kata terbaik untuk guru-guru terbaik se-Indonesia di manapun berada. Biarlah Allah membalas apa yang sudah tertulis dalam sejarah pendidikan guru di Indonesia dan setiap guru mendapatkan penghargaan setinggi-tingginya. Selamat hari Guru Nasional. Semoga perjuangan para guru senantiasa mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.