KAJIAN RUTIN
Dalam rangka meningkatkan keimanan ukhuwah Islamiyah sekaligus menambah  ilmu agama Islam, Yayasan al Insanul Kamil mengadakan kajian rutin setiap hari Sabtu. Kajian ini diikuti pengurus yayasan Al Insanul Kamil, guru SMP-SMA Shafta dan karyawan. Acara dilaksanakan di mushollah sekolah. Acara dimulai dengan sholat duha berjamaah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Acara selanjutnya diadakan dengan kegiatan istighotsah dan khataman bersama.
Kajian islam kali mengambil tema mencari ridho  Nabi Muhammad SAW. Narasumber yang menyampaikan Habib Husain bin Umar Al Hamid. Ada beberapa hal yang menarik ketika Habib Husain menggambarkan kisah tentang Nabi Adam yang iri dengan  empat kemuliaan umat Nabi Muhammad. Ketika nabi Adam bersalah dosanya tidak diampuni hingga 350 ratus tahun.   Kemuliaan yaitu ketika umat nabi Muhammad SAW salah diampuni dosanya, ketika meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Dan ceritakan berbagai kisah yang memberikan teladan bagi umat sekaligus dengan banyak mengikuti sifat dan kehidupan sehari-hari bisa menjadi ridho Nabi Muhammad. 
Walau terbatas waktu namun penyajian Habib Husain memberikan wawasan baru tentang materi yang disajikan kepada jamaah Yayasan Al Insanul Kamil di musholla. Ketika diajak sholawat dan mengagungkan nama Allah terlihat banyak yang merasakan sentuhan bathin. Tanya jawab dilakukan dengan jamaah sebagai pelengkap kegiatan kajian kali ini. Salah satu yang ditekankan kepada jamaah yaitu saat manusia meninggal akan bertemu dengan rasullulah SAW saat manusia sedang kehausan dan di jembatan Shirotol Mustaqim. Pengorbanan nabi Muhammad SAW terhadap manusia sangat besar untuk membantu umat dan senantiasa berdoa demi keselamatan umatnya.