Demi meningkatkan kemampuan dalam mengelola hasil tugas maupun bentuk-bentuk pembelajaran, beberapa guru SMP-SMA Shafta mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan web portofolio bagi guru. Acara diikuti di beberapa tempat yang berbeda namun tetap dengan model pertemuan google meet. Narasumber berasal dari Unesa dan dosen Prodi Matematikan yaitu Dwi Nur Yunianti, S.Si, M.Sc., Budi Priyo S.Pd., M.Si. dan Rudianto, S.Si., M.Si. Acara dilaksanakan hari Sabtu, 12 September 2020.

Acara dibuka dengan penjelasan awal tentang pentingnya web bagi seorang guru di masa sekarang. Dengan membuat web diharapkan hasil pekerjaan setiap saat bisa dilihat dan bisa dijadikan contoh. Setahap demi tahap Rudianto menjelaskan bagaimana cara membuat web dengan membuka wix.com. Langkah-demi langkah dijelaskan dan setiap guru mengikuti dengan membuat di laptop masing-masing. Walau kadang terhambat karena sinyal  berputar namun pembelajaran pembuatan web terus dilakukan.

Awalnya memang susah mengikuti karena baru mengetahui bagaimana sistem pembuatan web ini dan banyak fitur-fitur yang harus bisa dikerjakan. Kadang narasumber mengulang kembali penjelasan setahap demi setahap di pertengahan. Setelah bisa diteruskan kembali dan ternyata hasilnya positif bahwa web ini bisa dipakai untuk kegiatan penjualan online dan kegiatan lainnya. Jika sudah bisa secara komersial tahap berikutnya akan dijelaskan lebih lanjut. Hingga akhir pertemuan walau kurang waktu namun pelatihan ini bisa memberikan nuansa baru dan pengetahuan bahwa pendidikan sekarang sudah semakin jauh dengan teknologi