PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM

Tahun Baru Hijriah merupakan hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah. Peristiwa bersejarah ini terjadi pada 1 Muharam tahun baru bagi kalender Hijriah. Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang ini merupakan salah satu peristiwa di seluruh dunia yang mengguncang kehidupan manusia. Walau kondisi seperti ini setiap umat Islam terus berupaya  memperkuat ukhuwah Islamiah. Walau dibatasi jarak namun harus tetap semangat  menjadikan diri untuk selalu introspeksi. Hal inilah bia menjadikan seseorang akan menjadi lebih hati-hati, mawas diri serta melakukan hal-hal positif.

Melalui peristiwa hijrah inilah, kita diajak untuk selalu melakukan evaluasi terhadap kehidupan yang selama ini dilakukan, Jika hal ini baik maka bisa dilanjutkan di masa berikutnya lebih baik. Namun bila belum bagus terus melakukan upaya lebih baik lagi dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menyambut tahun baru Hijriah ada ibadah yang dianjurkan yaitu puasa sunnah muharam yang dianjurkan yaitu puasa Tasua dan Syura yang akan dilaksanakan umat Islam. Di malam tahun baru umat Islam disunnahkan membaca doa akhir tahun dan awal tahun. Selanjutnya di hari ke-9 dan ke-10 puasa Tasua dan Asyura. Semoga dia masa pandemi Covid-19 tetap bisa melaksanakan kegiatan menyambut tahun baru Islam.