Hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu seluruh bapak/Ibu guru, wali murid SMP-SMA Shafta untuk mengikuti kegiatan Parenting Online bersama dua narasumber Rininta Mahda dan Fira Mahda. Kegiatan ini bertujuan menghadapi tahun ajaran 2020-2021 dengan model belajar jarak jauh. Tema yang diusung mendidik generasi milenial agar kuat akhlak, unggul ilmu dan mandiri.

Narasumber Fira Mahda memaparkan  materi tentang penggunaan narkoba yang terus meningkat, pertemanan yang menantang dan beberapa contoh game yang membuat sikap tidak baik. Pemaksaan sikap orang tua terhadap anak-anak dan beberapa tontonan di you tube yang tidak sesuai dengan umur anak-anak. Hal inilah yang menjadi bahan penting untuk orang tua bahwa kepemimpinan dibangun dari rumah.  “ Anak adalah tamu istimewa yang kita undang dalam kehidupan kita atas izin Allah.” kata Fira Mahda.

Lebih lanjut dikatakan bahwa fitrah  manusia yaitu iman, kasih sayang, tanggung jawab, seksualitas, interaksi, bertahan hidup, belajar hingga piawai. “ Prinsip englightening parenting yaitu potensi baik kasih sayang, konsisten dan kongruen, serta sabar.” tambahnya.

Selajutnya narasumber kedua yaitu Rininta Mahda menjelaskan  kekeliruan pengasuhan yaitu tidak mengambil tanggung jawab, bohong, memberikan label pada anak. fokus kekurangan masalah, menganca tapi tidak melakukan, malas (menakut-nakuti), solusi disuapi dan fokus dunia. “ Orang tua harus jadi sumbert terpercaya anak,” kata Rininta

“ Efek keterlibatan ayah dalam perkembangan anak meliputi perkembangan aspek kognitif, aspek emosi, dan aspek sosial.” kata Rininta. Peran ayah juga tertuang di Al Quran di surat Lukman, At Tahrim, Al Baqarah, Yusuf, Huud, Ali Imran. Ditambahkan pula “ Core value enlightening parenting yaitu taat seperti syukur, bermanfaat dan meningkat.” Acara parenting juga disertai tanya jawab dengan peserta disela-sela penjelasan materi. Tahapan selanjutnya adalah development stages berupa delta stage, theta state, alpha stage dan beta stage. Banyak hal yang bisa diperoleh di acara parenting online kali ini terutama dalam mendidik anak lebih baik lagi.