Tak terasa masa masuk sekolah sudah dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020. Tak terkecuali SMA Shafta menyambut seluruh siswa baru dengan tata cara berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini semua dilakukan hanya dengan tatap muka sebagai bagian menjaga penyebaran Covid-19.

          Langkah yang dilakukan yaitu dengan menggunakan media Zoom yang sudah tidak asing bagi dunia pendidikan. Acara langsung dibuka kepala SMA Shafta yang menjabarkan dan mengenalkan seluruh bapak/ibu guru SMA Shafta yang mengajar. Satu persatu guru dikenalkan kepada seluruh siswa dengan menjabarkan tugas dan wewenangnya di sekolah.

            Melalui daring  Zoom dirasa paling tepat untuk menghadapi situasi yang belum kondusif apalagi Surabaya masih dalam zona merah. Dengan pendekatan daring, walau tidak bertemu secara langsung namun sudah bisa memakili kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah dan di rumah. Informasi seputar sekolah dan kegiatan MPLS dijabarkan kepala SMA Shafta. Tanggapan dari peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup baik dan saling berbagi informasi satu dengan yang lain. Walau kondisi tetap seperti ini proses pembelajaran tetap akan berjalan seperti biasa dengan metode daring. Semoga ke depan ada perubahan lebih baik dan siswa bisa belajar secara langsung di sekolah.