Dalam rangka meningkatkan dan memantapkan persiapan menyambut tahun ajaran baru 2020-2021, SMP Shafta  mengadakan kegiatan rapat kerja selama dua hari. Kegiatan ini diikuti seluruh guru SMP Shafta dan bertempat di ruang Ahmad Sari mulai tanggal 10-11 Juli 2020.

Di hari pertama membahasa tentang program-program yang akan dilaksanakan seperti pemaparan program kepala sekolah, program unit penjamin mutu, program akademik, program SDM serta bagian keuangan. Bagian penjaminan mutu memberikan garis besar tentang program yang disusun agar tahun ini lebih baik dari pelaksanaan tahun lalu dengan adanya perubahan jam mengajar. Tak ketinggalan di masa Covid-19, Dokter Djuhdi Husnuddin memberikan sedikit materi tentang kesehatan di masa pandemik melalui media video maupun slide ditampilkan, agar tidak salah menafsirkan apa yang sudah selama ini dokter lakukan dalam menanggulangi Covid-19.

Di hari kedua rapat kerja, penyampaian  materi dari wakasek kurikulum yaitu perhitungan pekan efektif, program tahunan, program semester. Hal yang menarik di raker yaitu ada kegiatan workshop perangkat pembelajaran dari pengawas sekolah. Penyampaian materi dengan memberikan kebebasan kepada semua guru untuk membuat RPP 1 lembar menjadi topik utama pembahasan. Walau hanya satu lembar RPP yang dibuat tetap mengacu pada proses pembelajaran yang membentuk karakter  menarik, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan serta berkompetensi.

Acara rapat kerja  dilanjutkan dengan penyampaian materi bagian pengasuhan yang memberikan gambaran tentang kendala dan sasaran pengasuhan selama ini terus dikembangkan. Pengembangan  karakter kegiatan sehari-hari seperti sholat, puasa sunnah, hafalan bacaan Al Quran menjadi prioritas utama dengan adanya pendampingan dari satu guru dan wali kelas. Sebagai penutup raker dilanjutkan pemaparan materi dari wakasek kesiswaan yang membahas tentang kegiatan pelaksanaan PLS. Melalui rapat kerja diharapkan pembelajaran yang dilaksanakan ada  perubahan yang siginifikan dan menunjukkan hasil maksimal.