Tak terasa hampir setengah abad pengabdian pustawakan di Indonesia menunjukkan hasil yang luar biasa di zaman sekarang ini. Peran serta memajukan literasi informasi ditetapkan Perpustakaan Nasional Indonesia tanggal 7 Juli 1990 sebagai Hari Pustakawan Nasional bersamaan dengan berdirinya Ikatan Pustakawan Nasional 7 Juli 1973.

Untuk itulah kita berikan semangat yang luar biasa kepada seluruh pustakawan di Indonesia baik di lembaga pemerintahan, pendidikan maupun di bidang lainnya yang telah membantu memberikan informasi secara terus menerus. Apalagi di zaman secara daring ini seluruh pustakawan secara cepat beradaptasi  menumbuhkan kemampuan melalui jaringan yang semakin luas dan akurat.

Tentunya tugas pustawakan di sekolah tidak akan jauh berbeda dengan lembaga lainnya. Namun secara umum tugas pustakawan membantu dan menyediakan informasi dalam menunjang kegiatan sekolah. Tugas pustakawan di sekolah bisa memberikan rujukan sebuah  informasi yang didukung dengan sarana dan prasarana yang membantu tugasnya. Semoga ke depannya tugas pustakawan akan lebih mudah dan lebih banyak membantu literasi di sekolah.