Di bulan Ramadhan  ini tepatnya hari Sabtu, 2 Mei 2020,  sekolah Islam Shafta menggelar kegiatan Webinar Teaching Improvement Workshop SHAFTA. Kegiatan webinar ketiga ini sama seperti webinar sebelumnya yang di ikuti seluruh civitas Sekolah Islam SHAFTA dan juga peserta dari luar. Narasumber yang menyampaikan yaitu Mr. I Wayan Kartika.

Acara dimulai dengan kegiatan khataman bersama, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Mr. I Wayan Kartika dengan tema Power of Adaptation. Mr. I Wayan Kartika merupakan Komisaris PT. Berkat Terus Berlimpah, Shareholder PT. Butterfly Pictures, HMO Transformer Center, dan Mahasiswa BEE University.  Ia menceritakan bagaimana sekolah yang diikutinya semua berasal dari golongan anak-anak yang kurang beruntung dengan memperlihatkan cuplikan Sekolah Pagi Indonesia. “Kami tak pernah punya mimpi besar, apalagi jalan-jalan ke luar negeri!”ceritanya.

Waktu untuk merefleksi diri dengan adanya Covid-19 menjadikan seseorang  masuk  zona ketakutan, zona bertumbuh, atau zona belajar .  Dijelaskan bagaimana seseorang akan masuk zona yang dipilihnya. Jika seseorang masuk zona  bertumbuh maka dirinya akan terus memacu untuk lebih berkembang. Evaluasi mengarah  sumber daya manusia dan  bisnis kita. Saatnya untuk berkolaborasi dengan orang lain untuk survive. “Untuk itu jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan bekal sebelum pandemik datang ke Indonesia dengan menanam tanaman,” kata Wayan.

Kita keluar dari pandemi dengan skill, pengetahuan, dan pekerjaan baru.  Harus dipersiapkan bekal sebanyak mungkin. Dijelaskan bahwa keadaan seperti ini berputar setiap 20 tahun. “Kita sudah siap sejak awal dan mempersiapkan diri. Kita akan bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat bagi orang lain.” tambahnya.

Wayan menjelaskan “Memunculkan ide itu mudah namun saat eksekusi di akhir.” Lihat sekeliling di sekitar masyarakat itu merupakan cara untuk memunculkan ide dengan mencari jaringan supplier. Dengan memanfaatkan media gawai tentunya akan mempermudah untuk melakukan suatu kegiatan positif, untuk itu perlu adanya variasi.

Kegiatan webinar dilakukan dengan tanya jawab perihal tentang kemajuan sekolah dan proses bertahan di tengah pandemi ini. Hal yang menarik yaitu membekali diri sekaligus membuka pekerjaan baru di tengah Covid-19. Dan untuk pendidikan di rumah siswa diajak untuk melakukan pekerjaan yang mudah dan menyenangkan.