Di zaman sekarang yang masih sibuk dan paling disibukkan  dengan persiapan mengajar yaitu pembuatan RPP.  Hal ini dimaklumi karena begitu banyak hal yang harus ditulis dan disampaikan sebelum proses pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut menyambut rencana pembuatan RPP satu halaman, Sekolah Islam Shafta menyelenggarakan kegiatan Webinar Teaching Improvement Workshop Teaching ke-2 dengan melalui program daring. Kegiatan ini diikuti seluruh guru SMP-SMA shafta dan beberapa peserta dari luar sekolah.

Narasumber yang memberikan materi yaitu Bapak Damari, M.Pd. Ketua MGMP Fisika Jawa Timur, Penulis Bupena, dan guru Fisika SMA 5 Surabaya. Dengan tema RPP 1 lembar dan strategi pembelajarannya, Bapak Damari menjelaskan dasar pemikiran, model pembelajaran, analisis KD, daring dan strateginya serta dimensi pengetahuan. “Tugas guru yang paling utama yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran.” Kata Damari. “Menentukan tujuan pembelajaran harus mencakup C4, literasi, menentukan model pebelajaran akan mempermudah dalam proses pembelajaran, penilaian hasil belajar  harus memenuhi kriteria,” imbuhnya.

Dengan 4 model pembelajaran, guru bisa  menentukan KD mana yang sesuai untuk digunakan dalam menentukan proses belajar di kelas. Beberapa contoh model pembelajaran dipaparkan agar mudah memahami penggunaan dalam proses pembelajaran. Banyak hal yang dsampaikan dalam kegiatan. Untuk analisis KD dipaparkan tentang dimensi proses berfikir dan penilaian, serta target kurikulum yang sudah direncanakan dengan melihat berapa jam pertemuan yang dilakukan.

Untuk kegiatan daring diperlukan cara yang tepat agar siswa tidak bosan yaitu muatan pembelajaran harus tetap memenuhi standar dengan model santai dan ringan. Dimensi pengetahuan harus diterapkan dalam pembelajaran.

Penjelasan Bapak Damari dalam penyampaian materi RRP  satu lembar dan strateginya mendapat respon positif dari peserta dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Untuk pembuatan RPP 1 halaman guru tinggal memindah dan membuatnya menjadi satu lembar dari RPP yang sudah dibuat.