Sejak diberlakukannya belajar di rumah, pembelajaran yang dulunya berada di kelas berubah menjadi di rumah. Hal ini menjadikan seolah-olah belajar dipaksa untuk berubah. Namun tidak bagi sebagian guru atau siswa yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi zoom untuk berkomunikasi lewat daring. Untuk itulah pembelajaran dengan tatap muka dianggap efektif selain menggunakan google formulir.

Untuk pembelajaran daring memakai zoom ini memang lebih mudah dan lebih cepat berkomunikasi dengan siswa. Namun semua ini tergantung dengan jam pertemuan yang harus diberitahukan terlebih dulu kepada siswa. Kadang saat gurunya sudah siap, mungkin siswa belum siap karena gawai yang akan digunakan dibawa orang tuanya. Lebih penting lagi memastikan kuota gawai harus mencukupi sebelum melakukan daring.

Siswa yang biasanya mengerjakan soal demi soal dengan google formulir berubah menjadi video seperti zoom. Hanya dengan download aplikasinya, siswa siap mengikuti kegiatan tatap muka. Kadang guru menggunakan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana siswa belajar mata pelajaran. Seperti yang dilakukan Guru SMA Shafta, Vina Kurniasari  mengajak siswa lebih dekat sekaligus menilai kemampuan siswa. Materi yang disampaikan yaitu penggunaan beberapa Fungsi/Formula yang digabungkan. Satu demi satu dijelaskan dan kadang diselingi dengan pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan siswa.

Tentunya dengan pembelajaran melalui daring mempunyai sisi positif yang baik karena tanpa ada kejadian sekarang ini mungkin anak-anak tidak mengenal pembelajaran daring dengan zoom. Sisi lainnya selepas pembelajaran dengan zoom pengetahuan siswa lebih banyak dan bisa dikembangkan dengan teman lainnya jika ada tugas.