Dibalik serangan Covid-19 terhadap kehidupan manusia di  seluruh dunia ternyata menimbulkan dampak yang luar biasa. Hampir semua negara yang terkena efek Covid-19 mengalami situasi yang tidak menentu. Kondisi ekonomi, sosial, politik dan seluruh sendi kehidupan manusia goyah dan menakutkan. Apalagi di dunia pendidikan, belajar yang biasanya berada di kelas beralih fungsi belajar daring.

Antisipasi hal tersebut tidak berlarut-larut, Sekolah Islam mengadakan kegiatan Webinar Teaching Improvement Workshop Shafta dengan tema Pengaruh Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Sebelum kegiatan webinar dimulai, kegiatan diawali dengan khataman bersama 30 juz yang dilakukan seluruh bapak/ibu SMP-SMA Shafta, Dengan aplikasi Google Meet seluruh bapak/ibu mendengarkan. Setelah satu jam berlangsung kegiatan khataman selesai dan dilanjutkan penyampaian narasumber bersama Madam Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc,CFP. Selaku Rektor Institut Tazkia, Co-Founder of Sakinah Finance.

Narasumber langsung menyampaikan awal serangan Covid-19 kepada bapak/ibu yang terus mengalami lonjakan jumlah penderita yang terus meningkat termasuk di Indonesia. Akibat yang ditimbulkan ini berakibat kepada dunia pendidikan secara tidak langsung. Sistem pembelajaran berubah total. Guru dan siswa bertatap muka secara tidak langsung namun pembelajaran tetap berjalan terus. “Para guru harus memastikan amanah yang diemban dipertanggung jawabkan sebagai  bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT, Azam kuat, mulai awal pagi dengan Al Qu’ran,” kata Murniati. “Kebersihan juga menjadi bagian penting dan guru harus produktif, inovatif, dan kreatif, Yang lebih penting bukan lamanya mengajar namun walau sedikit waktu siswa bisa memahami materi.“ imbuhnya.

Beberapa contoh juga diberikan sebagai bagian perbandingan seperti di Inggris, guru dan dosen sangat disiplin dan tepat waktu. Semua tidak ada yang terlambat masuk sekolah dan pulang tepat waktu. Semua tergantung guru yang memberikan contoh kepada siswa dengan akhlakul karimah. Masalah akhlak juga bisa diberikan melalui daring walau sebentar. Hal yang mendasar disampaikan Madam Murniati bahwa semua guru harus mempersiapkan semua hal karena cobaan ini hanyalah kecil. Tanya jawab dengan peserta dilakukan. Semoga kegiatan webinar ini menjadi tambahan pengetahuan.