Mewujudkan generasi milenial yang mampu menguasai teknologi dan bahasa menjadi penting agar tidak tertinggal informasi di masa depan. Perubahan yang cepat di seluruh dunia menjadikan setiap orang harus berubah lebih cepat dari sebelumnya. Keterampilan menguasai bahasa Inggris memang perlu diperlukan agar mampu mengetahui perkembangan.

Melalui kecakapan berbahasa inilah Sekolah Islam menggelar lomba English Speech sebagai bagian mengukur tingkat kemampuan berbahasa Inggris siswa. Lomba ini dikhususkan SMP/MTs sederajat. Sejak awal lomba pidato berbahasa Inggris diikuti sejumlah 11 peserta namun tinggal 8 peserta yang ikut.

Bak gaya seorang orator ulung semua peserta menyampaikan pidato mereka dengan perlahan tapi pasti. Ada juga yang pelan namun terus menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris yang bagus. Setiap penampil sudah mampu berbahasa dengan kategori sudah baik dan mereka sudah siap sebelum lomba dimulai.

Akhir perjuangan mereka menjadi kenyataan ketika nama mereka dipanggil sebagai juara di acara puncak SAIF 2020. Untuk juara 1 diraih Nabil fauzan dari SMP Khadijah 2 Surabaya, juara diraih Gagah Alsando dari MTs 4 Surabaya Aldi M, dan juara 3 diraih Mutiara Imtiaz dari SMP Shafta. Selamat dan sukses serta kembangkan kemampuan berbahasa Inggris lebih baik dari sekarang.