Kenangan terindah masa kecil biasanya akan sulit untuk dihilangkan dan dilupakan. Seperti halnya kegiatan bercerita orang tua kepada anak akan terus membekas di hati anak itu sendiri. Melalui acara inilah diadakan lomba Telling Story tingkat SD/MI se-jawa Timur dalam acara Shafta Academic dan Islamic Fest (SAIF).

Sebelum acara telling story dimulai, seluruh peserta yang ikut diseleksi terlebih dulu dengan mengirimkan video tampilan. Jumlah peserta yang ikut seleksi ada 19 peserta dan setelah diseleksi untuk tampil di panggung tinggal 10 peserta saja.

Kegiatan Telling story dilaksanakan di ruang KH. Abdul Mu’id dan diikuti 10 peserta yang lolos seleksi. Ketika mereka tampil satu persatu bergaya lagaknya seperti tukang cerita yang handal. Kostum yang mendukung dan properti yang dibawa menjadi bagian kelengkapan cerita yang dibawakan. Rasa canggung dalam bercerita tampaknya sudah tidak terlihat dari setiap peserta. Seluruh perserta tampaknya sudah memikirkan apa yang harus disiapkan sebelum lomba. Malah saat lomba pun masih ada yang menghafal ceritanya.

Di akhir penilaian juara 1 diraih oleh Queenzita Naraya Aziz dari SD khadijah 3 Surabaya, juara 2 diraih Meta Gandasari dari  SDN Samkerep 2 Surabaya, dan Joana Angelica dari SDN Banjarsugihan 5 Surabaya. Ketiga peserta ini memang berbeda maupun tampilan maupun bahasa inggris yang dikuasainya.