Keasyikan sendiri bagi siswa yang senang dengan kegiatan penelitian dijadikan sebagai bagian lomba Sains IPA di ajang Shafta Academic dan Islam Fest (SAIF) yang diselenggarakan Sekolah Islam Shafta. Lomba ini digelar di laboratorium IPA dan diikuti hanya empat peserta saja.

Walau hanya empat peserta namun persaingan terus berlangsung sejak awal lomba penelitian dan menjawab soal-soal yang diujikan. Durasi waktu mengerjakan dibagi menjadi dua sesi yaitu pratikum uji glukosa selama 30 menit dan mengerjakan soal 90 menit. Selama pelaksanaan penelitian uji glukosa semua anggota tim terlihat seru karena tidak mau waktu yang disediakan tidak selesai dan harus menyelesaikan soal selama 90 menit.

Setelah uji tes glukosa berhasil, seluruh tim langsung mengerjakan soal demi soal yang yang diujikan. Kadang tiap anak menyelesaiakan soal sendiri dan selesai baru dibahas bersama namun tak jarang satu soal dikerjakan bersama-sama satu tim. Melihat semangat ini rasanya menjadi sebuah kegiatan positif mengajak anak untuk lebih serius mendalami sebuah persoalan.

Penentuan Juara 1 diraih SMP Khadijah 2 Surabaya dan berhak menjadi juara tunggal karena peserta tidak memenuhi kuota yang ditargetkan panitia. Kepuasan tampak terpancar diraih tim SMP Khadijah 2 Surabaya ketika menerima hadiah di puncak acara kegiatan SAIF 2020.