Lomba Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur yang dilaksanakan di ruang KH. Abdul Mu’id benar-benar menjadi lomba yang sangat menarik dikarenakan para peserta menunjukkan kelasnya. Lomba ini diikuti sebanyak 25 peserta  namun yang hadir di saat lomba berlangsung hanya 21 peserta. 

Sejak awal lomba seluruh peserta sudah menunjukkan kelasnya sebagai penghafal Quran yang baik. Dengan modal kemampuan dan hafalan yang kuat setiap peserta mampu menjawab dan meneruskan hafalan surat yang diinginkan tim juri. Beberapa peserta yang berasal dari luar kota Surabaya seperti Malang, Pasuruan, Gresik dan beberapa kota lainnya tidak mau kalah. Hal ini dibuktikan ketika setiap peserta tampil semuanya menunjukkan hafalan yang luar biasa.

Malah satu peserta yang berasal dari Gresik walau dengan keterbatasan penglihatan mampu memukau seluruh peserta dan penonton yang melihat. Dengan pengaturan suara dan kejelasan dalam menyampaikan ayat demi ayat sudah membuktikan bahwa tingkat hafalannya benar-benar bagus.

Hingga akhir lomba  juri menentukan juara hanya sedikit selisih satu nilai  untuk juara satu, dua dan tiga. Akhir penantian yang panjang selama menunggu diputuskan juara 1 diraih Aisyah Azzahrah, SD Arrohman, Malang, juara 2 diraih Febrian Nur Hakim dari Pondok Pesantren Khozainul Ulum, Gresik dan juara 3 diraih Hanun Haula Ummi Istinah dari Rumah Pintar Penyuluh  Surabaya. Keberhasilan para juara menyisihkan memang berat karena tingkat kemampuan mereka di atas rata-rata, bahkan ada beberapa peserta yang akan ikut di ajang lebih tinggi lagi. Lomba MHQ ini merupakan salah satu pembuktian bahwa mengikuti lomba ini sebagai bagian mengasah diri lebih baik lagi di masa mendatang.