Hari minggu merupakan moment puncak kegiatan Shafta Academic and Islam Fest (SAIF) yang diselenggarakan Sekolah Islam Shafta. Kegiatan ini langsung dihadiri seluruh siswa SMP-SMA Shafta, Ketua Yayasan beserta staf dan seluruh Bapak Ibu guru SMP-SMA Shafta. Acara ini dipusatkan di halaman parkir Sekolah Islam Shafta.

Sejak pagi acara langsung diisi dengan band dari SMA Shafta dengan membawakan beberapa lagu. Tak berapa lama acara langsung dipandu oleh Ayu yang merupakan salah satu alumni SMP Shafta dan bekerja di radio Suara Surabaya. Rasanya seperti reuni kembali dengan murid yang sudah lama keluar dari sekolah. Dengan gaya dan model anak sekarang Ayu terus menggali dan mengajak seluruh siswa SMP-SMA Shafta untuk terus mengikuti penampilan setiap ekstra yang disajikan mulai tari, nyanyi, banjari, akustik, silat. Sambutan tepuk tangan dan ciutan meriah terus dikumandangkan ketika setiap penampilan ekstra baik dari SMP maupun SMA Shafta berakhir.

Acara yang ditunggu seluruh siswa yaitu kehadiran Veve Zukfikar Basyaiban dan Abi Zulfikar Basyaiban yang melantunkan lagu-lagu sholawat ternayat menjadi megnet tersendiri. Dengan suara lembut dan penampilan sederhana namun tidak mengurangi setiap makna yang dilantunkan, Veve terus mengajak seluruh siswa dan undangan untuk ikut bernyanyi hingga akhir penampilan.

Selepas Veve acara dilanjutkan dengan istirahat untuk sholat dan dilanjutkan dengan kehadiran dua tokoh muda yang suskes dalam mengelola sebuah usaha yang digelutinya. Mr. Hendy Joss selaku founder bebek Pak Joss dan Mr. Bronchips selaku Owner Broncihps untuk berbagi tips sukses di usia muda menjadi pengusaha. Banyak tips yang disampaikan kedua tokoh muda ini untuk menggeluti bidang usaha di bidang makanan yang sejak awal dirintis hingga sukses sekarang. Melalui ajang ini semua siswa diajari untuk belajar menjadi pengusaha dan terus menerus berupaya terus walau kadang gagal tetap eksis. Selepas acara ini dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi seluruh pemenang tujuh lomba

Acara semakin lama semakin menarik karena kehadiran Gus Hans ikut serta meramaikan kegiatan SAIF ini. Banyak Hal yang diceritakan Gus Hans selama ini menjadi tokoh muda yang punya prestasi yang luar biasa tidak hanya di dunia Islam namun merambah di media elektronika. Kehadiran beliau menjadi semangat bagai seluruh warga sekolah Islam Shafta bagaimana mengelola sebuah kegiatan yang terus berkembang hingga sekarang dengan dakwah.

Sebagai puncak acara kehadiran KH. Marzuqi Mustamar benar-benar ditunggu seluruh jamaah yang sudah hadir sejak siang. Dalam sambutannya KH. Marzuqi menekankan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Cinta Rasul juga harus cinta negara, cinta Allah juga harus cinta kepada negara. Kalimat-kalimat ini sering ditekankan KH,. Marzuqi karena melihat gejala-gejala yang ada di Indonesia banyak kelompok-kelompok yang memecah persatuan dan kesatuan. Dengan contoh-contoh kelompok-kelompok Untuk itulah melalui peringatan Isra’ Miraj perlu keyakinan pada seluruh undangan untuk terus menjaga negara kesatuan Indonesia bersama ahlusunnah wal jamaah.

Dengarkan juga cuplikan dari KH. Marzuki Tentang Pentingnya Menjaga NKRI di Spotify Yayasan Al Insanul Kamil → spotfy shafta