Kemeriahan lomba yang digelar di acara Shafta Academic dan Islam Fest benar-benar terwujud. Sejak pagi para peserta lomba sudah datang dan mempersiapkan  dirinya untuk mengikuti lomba yang digelar Sekolah Islam Shafta. Kegiatan lomba yang dilaksanakan yaitu Pildacil, Banjari, Olimpiade Matematika. Pidato Bahasa Inggris, Sains, Telling Story, dan MHQ. Lomba ini digelar di hari Sabtu (7/3)

Acara langsung dibuka ketua Yayasan Al Insanul Kamil dihadapan seluruh para peserta lomba yang datang dan menempati di halaman sekolah. Dalam sambutannya ketua Yayasan menyampaikan rasa terima kasih atas keikutsertaan para peserta sekaligus meminta jika ada masukan dalam kegiatan untuk tahun ke depan akan lebih baik lagi.

Selama pelaksanaan dibagi menjadi empat tempat berbeda. Untuk lomba Banjari, Pidato Bahasa Inggris dan Pildacil di panggung utama. Sementara itu untuk lomba Olimpiade Matematika dilaksanakan di ruang Ahmad Sari. Untuk lomba Sains dilaksanakan di ruang Laboratorium IPA dan lomba MHQ, Telling Story di tempatkan di ruang multi fungsi.

Selama kegiatan lomba Pildacil berlangsung setiap peserta menunjukkan kemampuan dan gaya mereka menjadi seorang dai kecil yang menyampaikan pesan singkat. Walau hanya dibatasi tujuh menit hampir semua peserta tidak melampaui batas yang ditentukan. Untuk kegiatan Olimpiade Matematika yang menggunakan online, seluruh peserta tampak serius mengerjakan soal demi soal yang diujikan.

Hampir seluruh peserta yang ikut serta selama lomba berupaya menunjukkan kemampuan terbaik agar menjadi pemenang. Sebagian peserta ada yang berasal dari luar kota seperti Pasuruan. Melalui ajang lomba ini ternyata menjadi semangat untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah lebih terasa dan saling lebih fokus bersilaturahim serta menghargai satu sama lain.