Dalam rangka menggali potensi keterampilan, bakat dan minat keterampilan lainnya,  Sekolah Islam Shafta mengadakan serangkaian lomba yang disebut Shafta Academic and Islamic Fest (SAIF) mulai bulan Januari-Maret 2020. Jenis lomba yang dilombakan mulai Futsal, Paskibra, Banjari, English, Chinese, Germany, Arabic speech, Tahfidz, Olimpiade Sains, Pildacil, Olimpiade Matematika dan Telling Story. Untuk bulan Januari ada dua lomba yaitu Futsal dan Paskibra yang dilombakan.

Untuk awal lomba dimulai dengan lomba futsal yang dipertandingkan di lapangan olahraga Sekolah Islam Shafta. Lomba futsal dimulai hari Sabtu dan Minggu dan langsung dibuka oleh kepala SMA Shafta. Dalam sambut

annya kepala SMA menegaskan perlunya fair play dalam pertandingan dan selalu memberikan terbaik buat tim dan senantiasa menjaga hubungan sesama pemain maupun dengan tim lain.

Setelah acara upacara singkat,  langsung dibuka dengan pertandingan futsal antara dua tim. Sistem yang dilakukan yaitu memperoleh poin dengan bermain dua kali. Jika satu tim mendapatkan kemenangan dua kali maka otomatis terus melanjutkan pertandingan ke babak berikutnya. Jika masih satu kali kemenangan maka akan berat untuk melanjutkan pertandingan. Selama pertandingan setiap tim mengerahkan seluruh permainannya dan supporter yang setia mendukung.

Kali ini pertandingan futsal tidak dilakukan di jam-jam pelajaran namun di jam kegiatan esktra dan hari Minggu, Hal ini dimaksudkan tidak menganggu para pemain dalam belajarnya di sekolah masing-masing. Melalui model baru ini ternyata lebih efektif dan semangat untuk lomba futsal semakin semarak. Seluruh panitia dari siswa SMA Shafta berusaha maksimal memberikan pelayanan terbaik agar selama pertandingan tidak menimbulkan kegaduhan atau kericuhan di lapangan.

Sampai saat ini pertandingan terus dilanjutkan pada Sabtu mendatang yang merupakan pertandingan-pertandingan terakhir dan menentukan pemenang sebagai tim terbaik. Melalui ajang lomba futsal muncul bakat-bakat muda pemain terbaik yang nantinya bisa mengharumkan nama negara di kancah internasional. Selamat dan sukses untuk tim penyelenggara yang sudah berusaha maksimal mewujudkan lomba futsal sebagai ajang pertama Shafta Academic and Islamic Fest (SAIF).