Dalam rangka meningkatkan penilaian mata pelajaran khususnya di ujian sekolah dan ujian nasional salah satu guru SMP Shafta mengikuti kegiatan workshop bedah SKL di SMPN 3 Surabaya. Kegiatan bedah SKL ini diikuti seluruh guru kelas IX di wilayah Surabaya Barat dan Surabaya Utara.(10/2)

Kegiatan dimulai dengan paparan narasumber tentang pembagian kisi-kisi Ujian Nasional dan penjelasan pembuatan soal setiap butir. Satu demi satu diuraikan secara rinci dan dibentuk dalam model kisi-kisi pembuatan soal. Tak ketinggalan jenis-jenis soal yang sering muncul di Ujian Nasional dan pengembangan materi ke siswa agar mudah menangkap setiap butir soal yang diujikan dibahas.

Melalui kegiatan pembahasan ini agar setiap siswa mudah mengetahui jenis soalnya.  Di akhir pertemuan ditentukan tugas pembuatan soal yang dibagi dalam setiap rayon. Satu rayon hanya mengumpulkan satu paket soal dan dikumpulkan satu minggu setelahnya. Pembuatan soal dibagi beberapa sekolah di lingkungan Sub Rayon 20. Melalui kegiatan bedah SKL ini diharapkan agar nilai ujian sekolah maupun ujian meningkat daripada tahun kemarin.