Untuk mendapatkan nilai setiap akhir semester genap, siswa kelas sembilan mengikuti kegiatan ujian praktik mulai hari Senin hingga Jumat. Kegiatan ini dimulai dengan kegiatan Olahraga dan IPS bagi siswa kelas IX A, sedangkan kelas IX B mengikuti praktik IPA dan PAI. Praktik ini dilakukan di kelas, laboratorium untuk IPA dan praktik keagamaan di musholla. Untuk olahraga kegiatan dipusatkan di halaman olahraga.

 Sementara di hari kedua kegiatan ujian praktik untuk kegiatan keagamaan diisi dengan praktik mengkafani jenazah. Hanya dengan kerjasama, satu siswa dengan kelompoknya terlihat kompetensi menangani jenazah yang akan dikafani. Kecakapan, kerjasama dan hasil akhir menangani jenazah menjadi nilai tertinggi dalam penilaian.

Praktik mata pelajaran IPS mengadakan kegiatan entrepreneur dengan cara menjual produk yang dibuat sendiri dan dijajakan di lingkungan sekolah. Mulai proses pembuatan hingga keuntungan harus dilaporkan secara rinci apakah mendapatkan keuntungan atau kerugian. Hal-hal kecil inilah sebenarnya menjadi kunci sukses jika suatu saat setiap siswa mau belajar ilmu penjualan secara nyata dan langsung ditangani bersama.

Semangat siswa untuk mengikuti setiap ujian praktik benar-benar luar biasa, walau kadang habis praktik olahraga dan kondisi fisik yang kurang fit mereka tetap menunjukkan kesungguhan untuk mengikuti kegiatan praktik berikutnya.