Dalam rangka mengkaji bahaya riba bagi kehidupan manusia, Sekolah Islam Sahfta mengadakan pengajian rutin setiap Sabtu bagi karyawan. Kajian kali ini mengangkat tema Riba : Dosa istimewa yang sangat berbisa. Pengajian ini diikuti oleh Ketua Yayasan beserta staf dan seluruh karyawan Sekolah Islam Shafta. (8/2)

Narasumber yang meyampaikan tentang masalah riba yaitu ustadz Abdul Wachid al Faizin. Dalam paparannya ustadz Faizin menyampaikan perihal tentang pengertian riba, keistimewaan riba, ancaman riba, jenis-jenis riba, landasan riba, cara transaksi barang ribani, hukum hadiah dalam hutang piutang dan dampak riba. Dengan contoh-contoh dan kupasan dari Al Qur’an dan hadist, ustadz Faizin menjabarkan satu demi satu kepada seluruh jamaah perihal keberadaan riba di sekeliling manusia. Tanpa sadar kadang yang dilakukan termasuk riba.

Melalui kajian riba inilah, ustadz Faizin menyampaikan banyak hal yang perlu diketahui tentang riba yang sudah ada dalam lingkungan kehidupan manusia sekarang. Sadar atau tidak perihal riba sangat berbahaya bagi seorang muslim jika sudah tahu tetapi tidak mau menghindari riba ini.

Melalui tanya jawab ustadz Faizin menjabarkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan jamaah pengajian. Walau waktunya pendek namun ustadz Faizin memberikan gambaran secara umum agar berhati-hati dalam menentukan apakah hal ini riba atau tidak, serta harus dimengerti dan bisa dilaksanakan.