Dalam rangka mengukur kemampuan siswa ujian nasional, siswa SMP Shafta mengikuti kegiatan Ujian Kompetensi Lulusan (UKL) mulai hari ini. Kegiatan dilaksanakan di ruang Ahmad Sari dan diikuti seluruh siswa kelas 9. Mata pelajaran yang diujikan kali ini yaitu Bahasa Indonesia. (3/2)

Sebelum dimulai kegiatan sedikit mengalami kendala teknis namun tidak berapa lama bisa diatasi oleh proktor dan siswa langsung menyiapkan dirinya untuk mengikuti ujian kali ini. Dari pantauan selama mengikuti ujian ini siswa kelas 9 yang ikut ujian kali ini lebih fokus dengan soal yang dihadapi dan lebih tenang dalam mengerjakan. Ujian kali ini dibagi menjadi dua sesi. Setiap sesinya durasi mengerjakan soal UKL selama dua jam.

Dari keterangan salah satu siswa, Candra menyatakan semua soal yang diujikan sesuai kisi-kisi ujian nasional yang sudah dibahas di kelas maupun di bimbingan belajar. Melalui kegiatan UKL kali ini siswa semakin terus berupaya mencapai target nilai yang diinginkannya. Kadang masih ada beberapa soal yang masih belum dimengerti namun secara umum semua bisa dikerjakan dan harus teliti menentukan jawaban yang tepat. Memang disadari dengan bentuk soal panjang kadang membuat siswa malas untuk membaca lebih lanjut namun ada trik-trik tertentu yang dilakukan agar lebih paham.