Tak ada yang menyangka bahwa hanya dengan kemampuan terbatas dan belajar fotografi beberapa hari, siswa SMP Shafta, Oktavia Nur Rahmadani siswa kelas delapan mampu membuktikan menjadi juara ketiga lomba fotografi tingkat SMP se-Surabaya yang diadakan SMA Muhammadiyah 9 se-Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan  workshop  dengan tema Fotografi dan Digitalisasi dan diikuti kurang lebih sekitar 56 siswa. Sabtu (1/12)

Kegiatan workshop dimulai dengan kegiatan pengenalan fotografi secara umum dengan salah satu narasumber dari kalangan siswa kelas XI, SMA Muhammadiyah yang pernah meraih juara harapan tingkat nasional di Yogyakarta kategori pelajar. Satu narasumber berikutnya merupakan mantan siswa yang sudah lama berkecimpung di dunia fotografi dan terus eksis di dunia fortografi.

Tidak hanya pengenalan materi berupa komposisi, warna, angel dan beberapa trik mencari objek yang baik untuk difoto namun diberikan contoh-contoh foto yang bagus untuk dijadikan referensi bagi para pemula. Kebanyakan yang ikut memang rata-rata para pemula yang belum banyak tahu tentang fotografi. Sementara itu untuk siswa SMP Shafta sejak awal sebagian memang sudah belajar fotografi namun belum sepenuhnya namun sudah mempunyai dasar –dasar memfoto.

Ketika selesai workshop diadakan lomba dengan tema objek lucu dan harus mencari di sekitar sekolah. Berbagai peserta mencari objek terdekat. Saat lomba beberapa siswa mempunyai trik dan cara dengan mengambil temannya sebagai objek foto. Dengan sedikit gaya dan diatur supaya terlihat lucu pengambilan foto dimulai. Hanya dengan waktu 45 menit setiap peserta wajib memilih satu foto untuk dikirim ke panitia.

Setelah lama menunggu satu jam akhirnya diputuskan salah satu siswa SMP Shafta menjadi juara ketiga. Tentu saja pengumuman ini disambut meriah oleh enam siswa yang ikut serta dalam lomba walau keenamnya tidak menjadi juara. Semoga langkah kecil ini lebih banyak mengembangkan siswa lebih nyata dan dilihat hasilnya melalui kegiatan jurnalistik.

Pengembangan jurnalistik di SMP Shafta tidak hanya difokuskan fotografi dan jurnalistik semata namun namun ditambah dengan materi penyiar radio, vlog, presenter, penulisan berita di web. Melalui pengembangan ini diharapkan siswa mampu mempunyai keterampilan yang mendukung pribadinya sendiri selepas dari SMP Shafta.